Press "Enter" to skip to content

2 Cara Mengatasi WC Jongkok Tersumbat

0

Cara Mengatasi WC Jongkok Tersumbat Tanpa Sedot. Jika Anda mengalami kesulitan saat menyiram wc setelah buang air maka kemungkinan WC Anda sedang tersumbat. Hal ini tentu saja sangat menyebalkan dan menjengkelkan karena penghuni rumah tidak dapat menggunakan WC. Selain itu WC yang tersumbat juga dapat menimbulkan bau yang tidak sedap karena kotoran tidak masuk ke septic tank. Untuk itu Anda harus tahu cara mengatasi WC jongkok tersumbat.

Daftar Nomor Hp dan Wa Jasa Sedot Wc

cara mengatasi wc jongkok yang tersumbat

Penyebab WC Tersumbat

Pasti Anda sangat sering membaca atau mendengar himbauan dilarang membuang apapun ke dalam WC umum termasuk juga tisu. Ternyata himbauan tersebut sangat benar karena membuang apapun ke dalam WC dapat menghambat kinerja WC untuk mendorong kotoran. Contoh sampah yang sering kali membuat WC tersumbat yaitu pembalut, tisu basah, cotton bud, hingga popok bayi. Apabila itu terjadi di wc kita maka masalah akan datang dan membuat kita pusing serta segala aktifitas kita di rumah atau kantor terkadang terganggu.

Cara mengatasi WC jongkok tersumbat tanpa penyedot

Agar WC tidak tersumbat tentu saja Anda sebaiknya tidak membuang apapun ke dalam WC. Sediakan tempat sampah di dalam kamar mandi atau toilet yang terdapat WC agar lebih bersih. Namun apabila hal buruk tersebut sudah terjadi cara mengatasi WC jongkok tersumbat adalah dengan menggunakan alat penyedot WC. Akan tetapi tidak semua rumah memiliki alat penyedot WC. Berikut adalah cara mengatasi WC jongko tersumbat tanpa penyedot antara lain:

  1. Sabun cuci piring dan air panas

Cara ini adalah cara yang paling mudah untuk dilakukan. Anda hanya membutuhkan sabun cuci piring dan air panas. Anda juga membutuhkan handuk atau kain untuk melindungi lantai agar tidak terkena percikkan air. Pertama-tama tuangkan sabun cuci piring ke dalam WC dan diamkan beberapa saat sampai mengendap. Sabun cuci sendiri berfungsi untuk melicinkan pipa saluran WC. Kemudian siram dengan air panas sebanyak mungkin namun tidak boleh sampai keluar. Selanjutnya diamkan selama 20 menit. Lalu siram atau flush WC untuk memeriksa apakah WC masih tersumbat. Jika masih tersumbat lakukan lagi hingga wc beroperasi secara normal.

  1. Baking soda dan cuka

Baking soda dan cuka memang terkenal mengatasi masalah dalam hunian. Salah satunya mengatasi WC yang tersumbat. Pertama Anda harus menaburkan satu cangkir baking soda ke dalam WC dan diamkan sampai mengendap. Kemudian tuangkan dua cangkir cuka secara memutar agar tersebar rata. Selanjutnya akan muncul reaksi gelembung-gelembung, namun pastikan gelembung tersebut tidak sampai keluar dari wc. Diamkan reaksi ini salam sakitar 1 jam dan siram WC. Jika masih tersumbat juga lakukan hal yang sama dan diamkan semalaman.

Intinya adalah jangan membuang atau memasukkan benda atau suatu barang padat ke dalam WC, agar WC tidak tersumbat dan Anda juga tidak direpotkan untuk mengatasinya. Jika hal ini terjadi Anda harus segera mengatasinya dengan menggunakan sedotan atau tidak.

Demikianlah ulasan tentang cara mengatasi wc jongkok tersumbat, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *