Press "Enter" to skip to content

Jasa Sedot Wc – 5 Penyebab WC Mudah Penuh dan 2 Solusi Mengatasi

0

Kenyamanan melakukan aktivitas rutin di kamar mandi menjadi prioritas yang mendukung produktifitas harian Anda. Apabila ada kendala dengan sarana toilet, Anda pasti bakal kelabakan. Tak hanya masalah tersumbat saja, kondisi septic tank yang mudah penuh jelas menjadi masalah serius yang wajib diperhatikan. Anda tentu tidak ingin berulangkali menggunakan jasa sedot Wc, bukan? Yuk, ketahui dulu penyebab WC di rumah Anda mudah sekali penuh berikut ini!

Jasa Sedot Wc

Faktor Penyebab Septic tank di Rumah Mudah Penuh

Ada beberapa penyebab umum yang sering membuat septic tank mudah penuh dan Anda perlu memanggil jasa sedot WC antara lain:

Ukuran septic tank yang kecil atau tidak sebanding dengan kapasitas pembuangan seluruh penghuni rumah.

Alasan pertama yang membuat WC di rumah Anda sering penuh padahal baru saja sedot WC adalah ukuran septic tank. Ada baiknya Anda berkonsultasi dengan jasa tukang sebelum membuat septic tank di rumah. Pastikan membuat ukuran septic tank yang sesuai dengan jumlah penghuni rumah. Semakin banyak penghuni rumah yang menggunakan kamar mandi, semakin banyak pula kapasitas pembuangan kotoran yang dibutuhkan.

Adanya sampah atau benda-benda yang masuk ke dalam saluran pembuangan.

Benda-benda non kotoran organik yang masuk ke saluran pembuangan bisa membuat septic tank mudah penuh. Selain itu, benda-benda atau sampah yang tidak seharusnya masuk ke saluran pembuangan berpeluang menjadikan WC tersumbat. Anda tidak diperkenankan membuang bekas pembalut, plastik bekas sampo, puntung rokok, dan benda lain ke dalam saluran pembuangan kalau tidak ingin memanggil jasa sedot WC secepatnya.

Usia septic tank yang terlalu lama dilakukan penyedotan

Waktu paling ideal untuk melakukan sedot WC adalah 5-10 tahun tergantung dengan ukuran atau kebutuhan Anda. Usia septic tank yang terlalu lama tidak disedot dan dibersihkan menjadi penyebab WC mudah sekali penuh. Adanya kerak atau endapan kotoran membuat septic tank di rumah Anda mudah sekali penuh.

Septic tank mudah penuh saat musim penghujan tiba

Penyebab yang umum membuat septic tank di rumah Anda mudah sekali penuh dikarenakan kondisi air tanah yang lebih tinggi. Kemampuan tanah menyerap limbah kotoran organik menjadi berkurang akibat septic tank terisi oleh air. Jadi, bukan hanya sekadar banjir atau tanah longsor saja yang wajib diwaspadai, kondisi septic tank penuh bisa menjadi permasalahan tersendiri. Sedot WC wajib digunakan guna mengatasi permasalahan septic tank penuh kala musim penghujan tiba.

Septic tank kurang terawat dan penggunaan pembersih kimia yang berlebihan

Siapa yang tidak suka dengan tampilan kloset atau WC bersih mengkilap? Kenyamanan Anda buang hajat jelas menjadi prioritas utama saat berada di kamar mandi. Namun, tahukah Anda bahwa penggunaan pembersih toilet yang mengandung bahan kimia berlebihan tidak direkomendasikan? Hal ini dikarenakan pembersih yang mengandung bahan kimia berlebihan bisa mengganggu perkembangbiakan bakteri pengurai.

Bisa jadi bakteri pengurai mati dan tidak bisa berkembang biak dengan baik. Akibatnya kotoran akan menumpuk dan tidak bisa diuraikan sebaik mungkin sehingga memicu septic tank mudah penuh. Gunakan pembersih kloset secukupnya saja agar tidak mengganggu kehidupan para bakteri pengurai di dalam saluran pembuangan. Jika Anda mengabaikan hal ini, jangan heran kalau jasa sedot WC sangat diperlukan untuk menyelesaikan masalah WC mudah penuh.

Nah, beberapa penyebab WC mudah penuh di atas wajib Anda perhatikan lebih detail ya! Jika air di dalam genangan kloset Anda tidak mudah turun atau butuh waktu lama untuk masuk ke saluran pembuangan, bisa menjadi pertanda septic tank penuh. Selain itu, aroma tidak sedap menguar dari dalam saluran pembuangan bahkan kotoran bisa kembali ke genangan kloset.

Ada baiknya Anda tidak menyiramkan banyak air ke dalam kloset sebab kapasitas septic tank sudah tidak memadai. Beberapa ciri di atas bisa menjadi referensi Anda untuk membedakan antara septic tank yang penuh atau kondisi saluran pembuangan mengalami sumbatan. Jika air yang diguyurkan tidak bisa mengalir ke saluran pembuangan atau meluber ke mana-mana, pertanda bahwa WC Anda mengalami sumbatan.

Sumbatan bsia dikarenakan benda-benda non organik yang masuk ke saluran pembuangan. Anda bisa mengatasi permasalahan sumbatan menggunakan kawat atau plunger sendiri. Selain itu, penggunaan bahan alami yang efektif hancurkan sumbatan organik bisa digunakan seperti garam, soda kue, cuka, dan lain-lain. Kalau WC Anda masih bermasalah, segera gunakan jasa sedot WC profesional untuk mengatasinya. Mau WC tersumbat atau septic tank mudah penuh, jasa sedot WC siap membantu Anda.

 Bisakah Mengatasi Masalah WC Mudah Penuh Secara Alami?

Kalau Anda pusing dengan kondisi WC yang mudah penuh khususnya saat musim penghujan tiba, bisa mencoba beberapa cara yang bisa mengatasi masalah septic tank penuh berikut ini.

Menggunakan obat penumbuh bakteri

Cara ampuh yang bisa mengatasi masalah septic tank penuh tanpa memanggil jasa sedot WC adalah menggunakan obat penumbuh bakteri. Anda bisa menemukan obat penumbuh bakteri yang mudah dan murah di pasaran. Cukup tuangkan obat penumbuh bakteri ke dalam lubang toilet, maka WC mampet atau penuh tidak akan terjadi lagi.

Menggunakan bahan soda api

Cara kedua yang sering diterapkan masyarakat adalah menggunakan bahan soda api. Bahan ini bisa Anda dapatkan di toko bangunan sekitar rumah. Soda api atau Natrium hidroksida mampu menguraikan sumbatan atau kotoran di dalam septic tank dengan baik. Anda hanya perlu memasukkan satu cangkir soda api ke dalam lubang WC. Pastikan dulu bahwa genangan air dalam mangkuk WC tidak terlalu tinggi.

Tambahkan satu gayung air panas ke dalam mangkuk WC dan biarkan soda api bereaksi dengan air. Bahan soda api akan bereaksi memunculkan gelembung-gelembung kimia berbahaya. Diamkan selama kurang lebih 8 jam atau semalaman untuk hasil yang lebih optimal.

Anda wajib sedikit menjauh dari toilet dan menggunakan alat keselamatan diri seperti sarung tangan lateks, masker, kacamata, dan lain-lain. Pasalnya, cipratan air atau gelembung panas bisa membahayakan kulit Anda lho! Selain itu, penggunaan soda api untuk membersihkan sumbatan atau tumpukan kotoran di septic tank tidak sepenuhnya benar. Soda api tidak direkomendasikan untuk pipa pembuangan yang terbuat dari plastik atau PVC yang mudah rusak terkena panas.

Selain dua cara yang disebutkan di atas, Anda juga bisa menggunakan cairan anti sumbat atau menggunakan garam dan soda kue. Jika cara alami tak sanggup menangani masalah WC mudah penuh, ada baiknya Anda menggunakan jasa sedot WC yang terpercaya. Kualitas dan pengalaman menjadi pertimbangan pertama agar Anda tidak salah pilih menggunakan jasa sedot WC ya!

WC yang terawat dengan kondisi septic tank yang sehat bisa mendukung kesehatan Anda dan keluarga. Lingkungan yang bersih dan sehat tentu bisa mendukung kehidupan yang lebih baik. Jangan sampai Anda merasa terganggu dengan aroma kurang sedap yang menguar dari kamar mandi hingga menyebar ke seluruh ruangan. Gunakan jasa sedot WC secara berkala agar septic tank di rumah Anda tidak mudah penuh dan berumur panjang ya!

Demikianlah artikel penyebab wc mudah penuh dan solusi mengatasinya menurut sedotwc.info. Semoga apa yang kami sajikan melalui artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *